Komisi II Pengawasan

Komisi II

Deskripsi:

Komisi Pengawasan adalah bagian dari BPM yang berperan dalam menjalankan fungsi pengawasan BPM. Jadi, Komisi Pengawasan hadir untuk mengawasi, mengevaluasi, dan memberikan penilaian mengenai kinerja BEM FIK UI dan BO FIK UI. Seperti komisi lainnya, Komisi Pengawasan dipimpin oleh seorang ketua komisi dan terdiri dari wakil komisi serta dua orang staf.

Wewenang yang dimiliki oleh Komisi Pengawasan sesuai dengan Kode Etik BPM FIK UI 2017 berupa:

  1. Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja BEM FIK UI dan BO FIK UI

  2. Menyusun rancangan prosedur pengawasan BEM FIK UI dan BO FIK UI

  3. Mengevaluasi pelaksanaan program kerja BEM FIK UI dan BO FIK UI

  4. Merancang system penilaian akhir BEM FIK UI dan BO FIK UI

Bentuk pengawasan dilakukan BPM FIK UI melalui:

  1. Rapat Dengar Pendapat (RDP): RDP diadakan minimal enam kali dalam satu kepengurusan dengan tujuan mengetahui perkembangan kegiatan dan mengevaluasi program kerja BEM FIK UI dan BO FIK UI.

  2. Turun Lapangan: Turun lapangan adalah suatu bentuk pengawasan dimana Komisi Pengawasan akan berinteraksi langsung dengan panitia penyelenggara dan atau ikut serta dalam kegiatan tersebut. Turun lapangan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap persiapan (rapat sebelum program kerja berlangsung) dan tahap pelaksanaan (saat program kerja berlangsung). Penilaian turun lapangan akan dilakukan melalui pengisian boring turun lapangan yang dibuat oleh Komisi Pengawasan BPM FIK UI.

  3. Evaluasi Tengah Tahun (ETT): ETT adalah tempat dimana Komisi Pengawasan akan mempublikasikan nilai sementara dari BEM FIK UI dan BO FIK UI.

  4. Evaluasi Akhir Tahun (EAT): EAT adalah tempat dimana Komisi Pengawasan akan mempublikasikan nilai akhir dari BEM FIK UI dan BO FIK UI

Program Kerja:

  • RDP (Rapat Dengar Pendapat)

  • Turlap (Turun Lapangan)

  • Rekam Jejak

 

Nah, mungkin pertanyaan terakhir yang muncul adalah nilainya itu muncul darimana sih? Nilai yang disampaikan saat ETT dan EAT didapatkan melalui borang turun lapangan, boring ETT, dan boring EAT dengan bobot penilaiannya adalah 60% dari total nilai. 40% sisanya gimana? Disinilah Komisi Aspirasi ambil bagian melalui penyebaran kuesioner acara saat turun lapangan yang akan diisi oleh mahasiswa yang mengikuti program kerja tersebut.